Atasi Masalah Kesehatan Dengan Berenang

Rajin olahraga bisa memberikan beragam efek positif untuk kesehatan, termasuk juga berenang. Tentu saja, berenang yang dimaksud adalah berenang yang dilakukan dengan teknik yang baik dan benar. Bukan hanya bermain air atau menikmati wahana bermain air di Jakarta. Sebab, jika hanya bermain air saja yang dilakukan maka tidak akan ada efek khusus untuk kesehatan, apalagi jika tujuannya adalah sebagai terapi untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu.

Atasi Masalah Kesehatan Dengan Berenang

Memang, untuk Anda yang tidak memiliki keluhan atau masalah kesehatan, melakukan olahraga renang secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sementara, untuk beberapa orang yang memilikinya, maka olahraga ini berfungsi sebagai terapi untuk menyembuhkan atau mengurangi gejala yang dirasakan. Ada beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan olahraga ini, seperti yang dikutip dari situs klikdokter, di antaranya yaitu:

Penyakit artritis

Artritis atau peradangan sendi adalah kondisi dimana terjadinya pembengkakan dan kekakuan sendi sehingga tubuh sulit bergerak dan juga terasa sakit saat digerakkan. Penyakit ini bersifat kronis dan seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalaminya seumur hidup. Penyakit ini, umumnya akan menyerang seseorang setelah usia 55 tahun. Meskipun olahraga renang tidak bisa benar-benar menyembuhkan penyakit ini, tetapi jika dilakukan secara rutin maka dapat mengurangi gejala yang dirasakan oleh penderitanya.

Gejala cemas

Olahraga renang dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala cemas yang dirasakan oleh penderita fibromyalgia. Fibromyalgia sendiri adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya merasakan sakit pada seluruh zone tubuhnya.

Menguatkan tulang

Ada beberapa caara yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang, salah satunya yaitu dengan berenang secara rutin. Selain itu, bagi seseorang yang sudah menopause, olahraga ini dapat mengurangi risiko terjadinya patah tulang.

Diabetes

Melakukan olahraga ini secara rutin dengan durasi 30 menit, dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes.

Penyakit jantung koroner

Olahraga renang dapat bermanfaat untuk bantu melancarkan aliran darah ke jantung. Hal ini berdampak pada penurunan risiko seseorang terhadap penyakit jantung koroner.

Asma

Sudah banyak yang tahu bahwa olahraga ini dapat membantu penyembuhan atau pengurangan gejala penyakit asma. Sebab, berenang dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbagai manfaat ini hanya akan efektif jika berenang dilakukan dengan teknik yang benar. Jadi, pastikan Anda mempelajari teknik renang yang benar terlebih dahulu sebelum memulai terapi pengobatan. Untuk kondisi yang sudah parah, ada baiknya jika melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan terapi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *